SOFT SKILL || BLC TELKOM KLATEN

 SOFT SKILL


PENDAHULUAN

a. Pengertian

    Soft skill merupakan keahlian yang berkaitan dengan kepribadian seseorang meliputi keterampilan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik dalam kehidupan maupun dunia kerja.
 
b. Latar belakang

Selain harus memiliki hard skill dalam bekerja kita juga harus memiliki soft skill untuk mendukung hard skill yang kita miliki.

MAKSUD DAN TUJUAN
 
Berdiskusi membahas soft skill dan mengembangkan soft skill.
 
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
 
Soft skill(pengertian dan soft skill yang harus di miliki).

TARGET YANG DI HARAPKAN
 
Bisa memiliki soft skill yang bagus dalam dunia kerja.
 
METODE PELAKSANAAN
 
-Membaca referensi
-Berdiskusi
 
ALAT DAN BAHAN
 
- Laptop
- Internet
- Referensi
 
TARGET WAKTU
 
5 Jam
 
TAHAPAN PELAKSANAAN
 
- Membaca referensi

- Berdiskusi
 

PEMBAHASAN:

    Soft sklill merupakan keterampilan, pengetahuan, dan sikap atau tingkah  laku seseorang sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan.

Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga nonakademik. Dalam dunia kerja dua jenis keterampilan yang dikenal yaitu hard skills dan soft skills.

mengapa soft skill sangan penting ILO mencatat ada lima tantangan dunia kerja sehingga soft skills menjadi penting untuk dimiliki, yaitu (ILO, 2015) 3 :

1. Globalisasi dan meningkatnya persaingan kerja sehingga mendorong tingginya kebutuhan terhadap pekerja yang mampu bekerja dalam tim, mengambil keputusan yang tepat, dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan produktivitas.

2. Globalisasi dan mobilitas internasional sehingga menuntut para pengusaha dan pemberi kerja untuk menghargai keragaman sosial, budaya, dan agama.

3. Meningkatnya kompleksitas masalah ekonomi, sosial, dan hal-hal teknis yang membutuhkan pemikiran yang kritis serta kecepatan dan ketepatan dalam penyelesaiannya.

4. Perubahan yang intensif sehingga mendorong kebutuhan pekerja yang adaptif dan mau terus belajar.

5. Perkembangan ekonomi yang berbasis pengetahuan sehingga keterampilan dalam komunikasi dan manajemen informasi menjadi sangat dibutuhkan.


Ada beberapa soft skill yang sangat penting di butuhkan dalam dunia kerja yaitu:

1. Kemampuan Memecahkan Masalah Rumit

2. Berpikir Kritis dan Analisis

3. Kreativitas

4. Kepemimpinan

5. Kecerdasan Emosional

6. Mendengarkan Secara Aktif

7. Kerja Sama dan Kolaborasi

8. Manajemen Waktu

9. Adaptasi

10. Public Speaking
 
TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYALESAIAN
 
belum memiliki soft skill yang bagus cara penyelesaian bertanya kepada oang yang lebih berpengalaman
 
REFERENSI

https://commercial.acerid.com/support/articles/10-soft-skill-penting-yang-dibutuhkan-dalam-dunia-kerja

0 Komentar