SKKNI 234 SOFT SKILL || BLC TELKOM KLATEN

 SKKNI 234 SOFT SKILL


PENDAHULUAN 

a. Pengertian

    SKKNI merupakan acuan yang menjadi standar dalam hubungannya dengan kemampuan kerja yang meliputi aspek keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang sesuai dengan pelaksanaan tugasnya

    Soft sklill merupakan keterampilan,pengetahuan, dan sikap atau tingkah  lakusehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan  
 
b. Latar belakang

Belum mengertahui setandar kompetensi kerja soft skill
 
MAKSUD DAN TUJUAN

Berdiskusi membahas SKKNI soft skill tujuanya bisa mengerti skkni soft skill dan bisa mengimplementasikanya

BATASAN DAN RUANG LINGKUP
 
SKKNI soft skill (penggertian soft skill, unit kompetensi)

TARGET YANG DI HARAPKAN

Paham mengenai SKKNI soft skill dan bisa mengimplementasikanya

METODE PELAKSANAAN 
 
- Briefing
- Pembahasan bersama sama
 
ALAT DAN BAHAN

- Laptop
- Charger
- Internet

TARGET WAKTU
 
08.00-16.00
 
TAHAPAN PELAKSANAAN

- Briefing

- Pembahsan bersama sama
 

PEMBAHASAN:

   
Soft sklill
merupakan keterampilan,pengetahuan, dan sikap atau tingkah  laku sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan.

Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga nonakademik. Dalam dunia kerja dua jenis keterampilan yang dikenal yaitu hard skills dan soft skills.

mengapa soft skill sangan penting ILO mencatat ada lima tantangan dunia kerja sehingga soft skills menjadi penting untuk dimiliki, yaitu (ILO, 2015) 3 :

1. Globalisasi dan meningkatnya persaingan kerja sehingga mendorong tingginya kebutuhan terhadap pekerja yang mampu bekerja dalam tim, mengambil keputusan yang tepat, dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan produktivitas.

2. Globalisasi dan mobilitas internasional sehingga menuntut para pengusaha dan pemberi kerja untuk menghargai keragaman sosial, budaya, dan agama.

3. Meningkatnya kompleksitas masalah ekonomi, sosial, dan hal-hal teknis yang membutuhkan pemikiran yang kritis serta kecepatan dan ketepatan dalam penyelesaiannya.

4. Perubahan yang intensif sehingga mendorong kebutuhan pekerja yang adaptif dan mau terus belajar.

5. Perkembangan ekonomi yang berbasis pengetahuan sehingga keterampilan dalam komunikasi dan manajemen informasi menjadi sangat dibutuhkan.
 
KESIMPULAN
 
Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga nonakademik dan salah satu kemampuan nonakademik yaitu soft skill apabila seseorang memiliki soft skill yang baik maka ia sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan dan di dukung kemampuan kademik

REFERENSI 
 
skkni 2020-234 soft skill.pdf
 


0 Komentar