SKKNI 234 SOFT SKILL
PENDAHULUAN
a. Pengertian
SKKNI merupakan acuan yang menjadi standar dalam hubungannya dengan kemampuan
kerja yang meliputi aspek keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang
sesuai dengan pelaksanaan tugasnya
Soft sklill merupakan keterampilan,pengetahuan, dan sikap atau tingkah lakusehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan
b. Latar belakang
Belum mengertahui setandar kompetensi kerja soft skill
Belum mengertahui setandar kompetensi kerja soft skill
MAKSUD DAN TUJUAN
Berdiskusi membahas SKKNI soft skill tujuanya bisa mengerti skkni soft skill dan bisa mengimplementasikanya
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
SKKNI soft skill (penggertian soft skill, unit kompetensi)
TARGET YANG DI HARAPKAN
Paham mengenai SKKNI soft skill dan bisa mengimplementasikanya
METODE PELAKSANAAN
- Briefing
- Pembahasan bersama sama
ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Charger
- Internet
TARGET WAKTU
08.00-16.00
TAHAPAN PELAKSANAAN
- Briefing
- Pembahsan bersama sama
PEMBAHASAN:
Soft sklill merupakan keterampilan,pengetahuan, dan sikap atau tingkah
laku sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara
efektif untuk mencapai tujuan.
Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga nonakademik. Dalam dunia kerja dua jenis keterampilan yang dikenal yaitu hard skills dan soft skills.
mengapa soft skill sangan penting ILO mencatat ada lima tantangan dunia kerja sehingga soft skills menjadi penting untuk dimiliki, yaitu (ILO, 2015) 3 :
1. Globalisasi dan meningkatnya persaingan kerja sehingga mendorong tingginya kebutuhan terhadap pekerja yang mampu bekerja dalam tim, mengambil keputusan yang tepat, dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan produktivitas.
2. Globalisasi dan mobilitas internasional sehingga menuntut para pengusaha dan pemberi kerja untuk menghargai keragaman sosial, budaya, dan agama.
3. Meningkatnya kompleksitas masalah ekonomi, sosial, dan hal-hal teknis yang membutuhkan pemikiran yang kritis serta kecepatan dan ketepatan dalam penyelesaiannya.
4. Perubahan yang intensif sehingga mendorong kebutuhan pekerja yang adaptif dan mau terus belajar.
5. Perkembangan ekonomi yang berbasis pengetahuan sehingga keterampilan dalam komunikasi dan manajemen informasi menjadi sangat dibutuhkan.
KESIMPULAN
Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga nonakademik dan salah satu kemampuan nonakademik yaitu soft skill apabila seseorang memiliki soft skill yang baik maka ia sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan dan di dukung kemampuan kademik
REFERENSI
skkni 2020-234 soft skill.pdf
0 Komentar