STANDART OPERASIONAL PROSEDUR(SOP) || BLC TELKOM KLATEN

 SOP

A. PENDAHULUAN

assalamualaikum wr wb kali ini saya akan membahas mengenai SOP apa sih SOP itu baca sampai ahir yašŸ˜…

a. pengertian  

Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi (cara main) kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan

b.latar belakang 

sebelum kita memulai pekerjaan kita wajib tau dulu SOP pekerjaan yang kita kerjakan supaya pekerjaan yang kota lakukan bisa berjalan dengan benar

B.MAKSUD DAN TUJUAN

membahas apa itu sop dan bagaimana cara menerapkan SOP dalam bekerja

C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP

seputar sop

D.TARGET YANG DI HARAPKAN

tau cara main(SOP) sebelum sebelum mengerjakan pekerjaaan

E.METODE PELAKSANAAN

mendengarkan briefing dari mbah suro

F.ALAT DAN BAHAN

-laptop

-koneksi internet

G.TARGET WAKTU 

08.00-16.00

H.TAHAPAN PELAKSANAAN

-mendengarkan penjelasan mbah suro  

Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi (cara main) kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan

 

1. Manfaat Standar Operasional Prosedur :

-sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya

-Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas

-Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan

 -Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari

-Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas

-
Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan

-Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi

-Memberikan informasi mengenai kualifikasi
kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya

-Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai

-Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya

 
2. Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)

-Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja

-Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap- tiap posisi dalam organisasi.

-Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait

-Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya

-Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan,
duplikasi, dan inefisiensi


3. Fungsi Standarad Operating Prosedure

-Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja

-Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan

-Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak

-Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja

-Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin

I.TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN

-

J.KESIMPULAN

sebelum kita melakukan sebuah pekerjaan kita harus tau dulu bagaimana SOP yang berjalan dalam pekerjaan itu supaya kita bisa mengerjakan pekerjaan dengan mudah dan tidak salah jalan, kita harus mencari tau dulu SOP untuk setiap pekerjaan yang kita lakukan supaya pekerjaan itu bisa berjalan dengan efektif

K.REFERENSI

-briefing mbah suro

 

 

0 Komentar