SUKSES DENGAN SOFT SKILL
A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
SOFT SKILL adalah
sikap atau prilaku baik yang bisa membuat kita mejadi sukses di
masa depan karena percuma saja apabila kita memiliki hard skill yang
baik tetapi kita tidak memiliki soft skill yang baik juga orang orang
tidak bisa memercai kita
b. Latar belakang
Selai
kita harus memiliki hard skill kita juga harus memiliki soft skill
karena soft skill perannya lebih penting dari pada hard skill
B.
MAKSUD DAN TUJUAN
Membahas pentingnya soft skill bagi
kesuksesan hidup supaya bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP
-Pengertian soft
skill
-Area soft skill
D. TARGET YANG DI
HARAPKAN
Bisa
mengimplementasikan soft skill dalam hidup agar bisa sukses di masa
mendatang
E.
METODE PELAKSANAAN
-Berdiskusi
-Tanya
jawab
F. ALAT
DAN BAHAN
-Laptop
-Charger
-Ebook
sukses bersama soft skill.pdf
G. TARGET
WAKTU
08.00-12.00
H.
TAHAPAN PELAKSANAAN
-Berdiskusi mengenai ebook
SUKSES DENGAN SOFT SKILL.pdf
-tanya jawab
PEBAHASAN:
SOFT SKILL
soft
skill merupakan sikap atau prilaku baik yang bisa membuat kita sukses
untuk masa mendatang karena hard skill saja tidak cukup untuk bisa
sukses. Hard skill yang baik tanpa di adanya soft skill yang baik
pula maka belum tentu kita bisa sukses di masa mendatang karena
kebiasaan kebiasaan sikap yang baik atau soft skill itu sangat
menunjang kesuksesan kita
Soft skill memiliki 7 area yang
di singkat COLLEGE (Comunication skill, Orgnization skill,
Leadership, Logic, Effort, Group skill, Ethics)
Pembahasa
COLLEGE:
1. Communication skill (skill
berkomunikasi)
skill komunikasi di bagi menjadi 2 yaitu
komunikasi lisan dan tertulis mencakup komunikasi lisan
Beberapa
tips komunikasi lesan:
-berbicara dengan jelas
-berbicara
dengan lengkap supaya tidak menimbulkan pertanyaan pertanyaan
baru
-gunakan alat bantu saat berkomunikasi
-berbicara poin
poinya saja
Tips komunikasi tertulis:
-sampaikan
dengan padat dan jelas
-gunakan poin penekanan
-jadi editor
mandiri
2. Organization skill
organization
skill ini meliputi managemen waktu, meningkatkan motivasi, menjaga
kesehatan dan penampilan
-Managemen waktu
managemen
waktu sangatlah penting supaya kita bisa melakikan pekerjaan atau kegiatan dengan terstrukturagar bisa managemen waktu bisa dengan metode: buat daftar kegiatan telebih dahulu, buat
skala prioritas, perkirakan kebutuhan waktu, alokasikan waktu,
evaluasi kegiatan yang sudah di lakukan
-Meningkatkan
motivasi
tips memotivasi diri bagi tugas yang besar, tetapkan
sasaran tiap kerja, gunakan aturan 5 menit, beri hadiah pada diri
ketika sudah melakukan kegiatan
-menjaga penampilan
tips
menjaga penampilan kenakan pakaian yang tepat, rambut yang rapi,
pancarkan percaya diri
3. Leadership
(berkepimpinan)
kemudian slah satu soft skill yang yangat
peting yaitu berjiwa kepimpinan karakteristik pemimpin yang baik adalah:
-Memiliki
Visi
-Cakap
secara Teknis
-Membuat
Keputusan Tepat
-Berkomunikasi
dengan Baik
-Memberikan
Keteladanan
-Mampu
Mempercayai Orang
-Mampu
Menahan Emosi
-Tahan
Menghadapi Tekanan
-Bertanggung
Jawab
4. Logic
kemudian soft
skill yang tidak kalah penting yaitu Logic meliputi bisa
menyelesaikan masalah, berfikikr kreatif
langkah
menyelesaikan masalah:
- Rumuskan
masalah
- Analisa
tiap alternatif
-Pilih
alternatif terbaik
-Laksanakan
pilihan solusi
-Evaluasi
hasil
berfikir
kreatif meliputi:
-Proses
penciptaan jalan keluar
dari suatu masalah
-Tidak
harus menemukan peralatan
ajaib
-Berpikir
di luar kebiasaan
-Fokus
untuk menyelesaikan
masalah
5. Effort
soft skill Effort
meliputiKetahanan Menghadapi Tekanan, Asertif atau
sikap atara pasif dan agresif, Kemampuan dan kemauan belajar
6.
Group skills
kemutian soft skill yang sangat berguna
sekali dalam bekerja yaitu kerja sama tim kenapa kerjasama tim sangat
penting karena apabila dalam sebuah tim ada seseorang yang tidak
memiliki sifat kerjasama tim maka pekerjaan akan sulit untuk di
kerjakan
hambatan hambatan dalam kerjasama tim:
-ketika
ada tim yang tidak tahu ruang lingkup kerja dan tidak berusaha untuk
tahu
-enggan membuka diri atau tidak ada
komunikasi
-berprasangka buruk atau kerja tidak dengan sepenuh
hati
7. Ethics
yang terahir yaitu etika kerja
kenapa etika kerja sangat penting, karena 87% orang kehilangan kerja
karena tidak memiliki etika kerja yang baik
etika kerja
adalah belajar membedakan antara yang salah dan yang benar dalam dunia
kerja
beberapa karakter etika kerja yang di butuhkan
pekerjaan:
-dapat di percaya
-hormat
-bertanggung
jawab
-perhatian
-adil
-taat peraturan
I.
TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN
-Masih pasif saat
berdiskusi penyelesaianya harus di pancing dengan pertanyaan
pertanyaan terlebih dahulu
J. KESIMPULAN
Soft
skill sangatlah penting apalagi dalam dunia kerja karena industri
membutuhkan 80% soft skill dan hanya 20% hard skill dan soft skill
juga bisa menjadi salah satu kunci sukses
K.
REFERENSI
-Ebook
SUKSES DENGAN SOFT SKILL.pdf
0 Komentar