DISKUSI MEMECAHKAN MASALAH YANG DI TEMUI SAAT BEKERJA || BLC TELKOM KLATEN

BERDISKUSI MENYELESAIKAN MASALAH


 PENDAHULUAN

a. Pengertian

Diskusi adalah kegiatan yang dilakukan untuk merundingkan atau bertukar pikiran atau pendapat guna menghasilkan pemahaman terhadap suatu masalah atau topik. Dengan kata lain diskusi ialah proses pertukaran pikiran, gagasan, dan juga ide untuk menyelesaikan masalah

Dan kali ini kita mendiskusikan temuan masalah masalah saat bekerja yang membuat bekerja kurang produktif

b. Latar Belakang

Ketika kerja masih menemui masalah masalah yang membuat kerja menjadi tidak produktif

MAKSUD DAN TUJUAN

Berdiskusi membahas masalah masalah yang di temui saat bekerja tujuanya supaya masalah yang di temui segera di selesaikan dan pekerjaan bisa semakin produktif

BATASAN DAN RUANG LINGKUP

Berdiskusi menyelesaikan masalah masalah yang di temuai saat bekerja

TARGET YANG DI HARAPKAN

Masalah masalah yang di temui di pekerjaan bisa di selesaikan agar kerja bisa menjadi lebih produktif

METODE PELAKSANAAN

-Berdiskusi ngobrol santai
-Evaluassi diri

ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-Charger
-Iternet

TARGET WAKTU

08.00-16.00

TAHAPAN PELAKSANAAN

-Berdiskusi membahas temuan temuan masalah saat bekerja dan mencari penyelesaiaannya

-Saling mengungkapkan masalah yang di temui saat bekerja



PEMBAHASAN:

Temuan masalah saat bekerja

-Masih pasif

    Ketika berdiskusi masih pasif karena ketika mendapat penjelasan malah di pikir dan masih menggunakan egonya masing masing untuk penyelesaiaanya kita harus memberanikan diri untuk berinisiatif berbicara dan akatif dalam pekerjaan.

-Belum bisa menggunakan budaya kerja

    Budaya adalah kebiasaan terpola yang telah di terima oleh suatu kelompok, dan Ketika kita terbiasa dengan budaya luar dan ketika kita bekerja dan harus menggunakan budaya kerja kita harus melakukan yang namanya adaptasi dan apabila adaptasi gagal maka akan terjadi shock culture yaitu suatu perasaan bingung, cemas, risau, gelisah ketika bertandang atau bermukim di lingkungan masyarakat yang baru dan total beda dengan situasi biasanya.

-Belum bisa merasa nyaman di pekerjaan

    Sebelum melakukan pekerjaan kita harus bisa membuat nyaman diri terlebih dahulu dengan lingkungan kerja, selain nyaman kita juga harus bisa membuat lingkungan kerja yang aman dengan aspek K3 agar saat kita melakukan pekerjaan kita bisa merasakan kenikmatan dan kepusan bekerja

-Masih sering berfikiran negatif

    Fikiran negatif yaitu fikiran yang memikirkan resiko yang tidak tidak terlebih dahulu tetapi belum melakukan suatu tindakan jadi kita tidak bisa produktif dalam bekerja dan hanya diperbudak oleh pikiran kita sendiri

-Mental block
Mental block yaitu keadaan di mana seseorang mengalami hambatan pada mental dan psikologinya. Dan mental block sangat berpengaruh terhadap produktifitas kerja seseorang ketika seseorang ingin mengerjakan sesuatu tetapi ia memiliki mental block maka ia tidak akan melakukanya dan hanya berhenti pada keinginan

Ciri-ciri mental block:

1. Malas (ketika ingin melakukan sesuatu kita tidak memiliki semangat untuk melakukanya)
2.
Ragu-Ragu (ragu ragu apakah kita bisa atau tidak melakukan sesuatu)
3.
Gampang Putus Asa( mudah menyerah ketika terjadi suatu masalah )
4.
Sugesti Negatif (berfikiran negatif terlebih dahulu tetapi belum melakukanya)
5.
Tidak Percaya Diri (tidak percaya diri apakah kita bisa atau tidak melakukanya)
6.
Trauma
(ketika kita melakukan sesuatu dan gagal dan kita takut untuk mengulanginya lagi)

Cara membuka mental block:

1.
Lakukan (Segera dan jangan tunda, ketika kita sudah memiliki keinginan maka lakukan dengan segera dan jangan menunda nundanya)
2.
Yakin (Kesuksesan di tangan anda, ketika melakukan suatu tindakan kita meyakini bahwa akan berhasil)
3.
Pantang Menyerah (selalu berjuang dan tidak mudah menyerah)
4.
Sugesti Positif (Positif Thinking, lakukan terlebih dahulu dan jangan berfikiran negatif dulu)
5.
Percaya Diri (percaya diri bahwa diri kita bisa melakukanya)
6.
Terapi (Konseling / Hypnotherapy) dl
l


TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN

Masih pasif saat berdiskusi dan masih menggunakan ego masing masing dan tidak mau membicarakan masalah masalah yang di temui saat bekerja penyelesaiaan didiskusikan bersama sama 

KESIMPULAN

Dengan berdiskusi kita bisa memecahkan masalah masalah yang di temui secara bersama sama dan kita juga bisa saling bertukar ide untuk memecahkan masalah masalah yang di temui

REFERENSI

-Diskusi hari ini bersama Mbah Suro



0 Komentar