KERJA?
PENDAHULUAN
a. Pengertian
Kerja adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan target dan mendapat hasil yang bisa di gunakan untuk memenuhi kebutuhan.
Kerja ada dua macam yaitu bekerja untuk menghasilkan barang dan jasa, kerja yang menghasilkan barang yaitu bekerja dengan tujuan menciptakan barang atau hasil dari kerja berupa barang yang bisa di gunakan orang lain contohnya petani, pengerajin kayu, pekerja pabrik barang dll, dan kerja jasa adalah orang-orang yang memberi pelayanan kepada orang lain, sesuai keahlian dan keterampilan yang dimilikinya seperti guru, dokter, penjahit dll.
b. Latar Belakang
Belum mengerti Kerja dan belum bisa bekerja
MAKSUD DAN TUJUAN
a. Maksud
Membahas mengenai kerja
b. Tujuan
Tujuan dari kerja yaitu:
-Memenuhi kebutuhan hidup
-Mencari kepuasan dan kesenangan
-Mengamalkan ilmu yang didapat dimasa belajar nya.
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
-Pengertian kerja-Tujuan kerja
-Bagaimana cara kerja
-membuat rencana kerja
TARGET YANG DIHARAPKAN
Mengerti mengenai cara kerja dan bisa melakukan kerja sesuai dengan SOP di pekerjaan tersebut
ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-Charger
-Internet
TARGET WAKTU
5 Jam
TAHAPAN PELAKSANAAN
-Ngobrol santai membahas seputar kerja
PEMBAHASAN:
-Pengertian kerja
Kerja
adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan target dan
mendapat hasil yang bisa di gunakan untuk memenuhi kebutuhan.
Kerja
ada dua macam yaitu bekerja untuk menghasilkan barang dan jasa, kerja
yang menghasilkan barang yaitu bekerja dengan tujuan menciptakan barang
atau hasil dari kerja berupa barang yang bisa di gunakan orang lain
contohnya petani, pengrajin kayu, pekerja pabrik barang dll, dan kerja
jasa adalah
orang-orang yang memberi pelayanan kepada orang lain, sesuai keahlian
dan keterampilan yang dimilikinya seperti guru, dokter, penjahit dll.
Tujuan dari bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Lebih jauh, manusia bekerja juga untuk mendapatkan rasa aman, mencari kepuasan, dan mengimplementasikan ilmu yang telah ia pelajari.
-Cara kerja
1. Memiliki persiapan yang matang
- Memiliki mental yang kuat
- Bisa mengenali diri
- Mengasah kemampuan
- Bisa engontrol emosi
- Bisa menjadi pendengar yang baik
Ketika kita sudah memiliki pekerjaan kita harusa bisa fokus pada pekerjaan tersebut dan tidak keluar dari ruang lingkup pekerjaan yang kita kerjakan
3. Bisa mengatur waktu
Ketika kita mengerjakan sebuah pekerjaan kita harus bisa memenegement waktu kita, dan bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah di tentukan
-Cara membuat rencana kerja
1. Tentukan target. Tentukan tujuan dari keseluruhan pekerjaan yang akan dilakukan
2. Memilih pemimpin tim kerja yang tepat. Sangat penting memiliki pemimpin yang dapat membimbing tim untuk bekerja sesuai rencana
3. Tentukan tugas, anggaran, dan waktu. Dengan demikian semua rencana pekerjaan dapat dijalankan dengan baik dan memudahkan dalam mencapai tujuan yang diinginkan
4.Atur secara logis. Aturlah tugas untuk masing-masing orang dalam satu tim kerja sesuai dengan kemampuannya
5.Work in progress. Jangan lupa melaporkan progress update secara teratur kepada seluruh pihak yang terlibat
6. Rencana cadangan. Selalu siapkan sebuah rencana cadangan untuk menghadapi kondisi yang dapat menghambat pekerjaan tim
7. Evaluasi. Selalu lakukan evaluasi atas semua pekerjaan yang telah dilakukan sehingga dapat diketahui apa yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan.
-Yang harusnya Prakerin itu praktik kerja malah belum tahu carannya kerja Solusinya
lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan kerja, mulai dari
pengertian, kenapa harus dilakukan, sesuai dengan kerangka berfikir
KESIMPULAN
Setelah membahas tentang kerja kita jadi tau apa itu kerja dan tujuan dari kerja. dan tau bagaimana cara kerja yaitu dengan menggunakan SOP yang berlaku dalam pekerjaan tersebut
REFERENSI
https://kbbi.web.id/kerja
http://alchemy.co.id/pr-agency/perencanaan-kerja-secara-tim/
0 Komentar