PERSIAPAN SEBELUM BEKERJA
PENDAHULUAN
a. Pengertian
Kegiatan hari ini yaitu berdiskusi melengkapi kekurangan kekurangan diri yang membuat tidak siap bekerja dan membuat kerja tidak produktif
b. Latar Belakang
Kebanyakan siswa pkl masih belum siap kerja dan masih menggunakan egonya masing masing
MAKSUD DAN TUJUAN
Berdiskusi mempersiapkan diri sebelum bekerja tujuanya agar saat bekerja diri kita sudah siap dan pekerjaan bisa berjalan dengan efektif
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
Mempersiapkan diri untuk bekerja
TARGET YANG DI HARAPKAN
Bisa melengkapi kekurangan kekurangan agar siap bekerja
METODE PELAKSANAAN
Diskusi dan literasi
ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-Charger
-Internet
TARGET WAKTU
08.00-16.00
TAHAPAN PELAKSANAAN
-Literasi
-Diskusi
PEMBAHASAN:
Dalam bekerja kita harus siap terlebih dahulu untuk menghadapi pekerjaan, tidak hanya siap badan kita juga harus siap batin seperti siap mental, siap pikiran dan siap tenaga
Seorang bisa di katakan siap bekerja apabila ia sudah memiliki soft skill, hard skill, dan berkompeten. Tetapi soft skill lah yang sangat menentukan kesiapan kita untuk bekerja
soft skill merupakan kemampuan atau kepribadian yang dibutuhkan untuk sukses dalam suatu pekerjaan meliputi sikap, prilaku, kebiasaan dll
Salah satu soft skill yang harus di persiapkan sebelum bekerja yaitu employability skill
Dalam emloyability skill ada 8 aspek yang harus di siapkan sebelum bekerja:
salah satu sikap kerja yang harus di miliki yaitu inisiatif. Apa sih inisiatif itu? inisiatif yaitu melakukan sebuah kegiatan tanpa di suruh atau di paksa jadi kita melakukan sebuah kegiatan dengan keinginan kita sendiri tanpa ada paksaan terlebihdahulu
2. Merencanakan Dan Mengatur Kegiatan
Setelah kita memiliki inisiatif kita harus merencanakan dan mengatur kegiatan yang akan kita kerjakan. Jadi kita harus bisa memanagemen kegiatan yang akan kita kerjakan dan mengatur kegiatannya agar bisa sesuai dengan rencana, meliputi mengatur waktu, alat dan bahan, SDM, dll ntuk melakukan kegiatan
3. Terus Belajar
kita juga harus terus belajar karena dunia ini terus berkembang dengan terus belajar kita bisa mengikuti teknologi yang berkembang dan meningkatkan skill kita. Kita juga bisa belajar dari kesalahan kesalahan yang pernah terjadi dan menjadikanya pengalaman dan pembelajaran agar kedepanya tidak terjadi lagi
4. Mengelola Diri
Seorang yang siap bekerja juga harus bisa mengelola diri. yaitu mengatur waktu mengatur kegiatan, mengatur keuangan, dan kecerdasan emosional
5. Menggunakan Teknologi
kita sudah hidup di zaman dimana segala sesuatu sudah menggunakan teknologi jadi kita harus bisa menggunakan teknologi dengan sebaik baiknya, gunakan teknologi untuk belajar, bekerja, berkomunikasi dan hindari menggunakan teknologi yang berlebihan
6. Komunikasi
Seseorang yang siap kerja harus memiliki skill berkomunikasi yang baik supaya bisa lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaan, dan bisa bekerja sama dengan tim dan juga bisa memudahkan dalam mengetahui ruang lingkup pekerjaan
pekerja juga harus bisa memecahkan masalah dan cara memecahkan masalah yaitu dengan berfikir kritis dengan mencari tau dulu masalah yang terjadi kemudian menyimpulkan masalah dan mencari cara untuk memecahkan masalah
pekerja harus memiliki sikap kerjasama tim dan bisa mengambil peran dalam tim, bisa berkomunikasi dengan tim dan tidak bekerja secara egois
Apabila seseorang sudah memiliki soft skill ia sudah bisa di katakan siap bekerja dengan di dukung kompetensi sesuai dengan bidangnya masing masing
Seseorang sudah bisa di bilang berkopetensi apabila ia sudah memiliki 3 kompeten yaitu:
1. Berpengetahuan sesuai dengan bidangnya
2. Terapil dalam melakukan pekerjaan
3. Memiliki sikap kerja (soft skill)
TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN
Masih belum bisa di katakan siap bekerja karena masih kurang dalam employability skill dan untuk penyelesaianya membahas lagi employability skill
KESIMPULAN
Sebelum bekerja kita harus memiliki soft skill terlebih dahulu agar kita bisa siap bekerja, tidak hanya siap lahir saja kita juga harus siap batin
REFERENSI
Kegiatan hari ini
0 Komentar