URGENSINYA EMPLOYABILITY SKILLS BAGI SMK
PENDAHULUAN
a. Pengertian
Emplyability skill merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang mendapatkan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan prilaku .
b. Latar belakang
Karena banyaknya lulusan SMK yang tidak mendapatkan pekerjaan
MAKSUD DAN TUJUAN
Membaca buku pentingnya employability skill untuk lulusan SMK tuajuanya supaya mengerti mengapa employabiity skill sangat penting untuk lulusan SMK
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
Membaca ebook pentingnya employability skill untuk lulusan SMK
TARGET YANG DI HARAPKAN
Bisa mengimplementasikan employability skill dalam dunia kerja
METODE PELAKSANAAN
Membaca
ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-Charger
-Internet
TARGET WAKTU
08.00-16.00
TAHAPAN PELAKSANAAN
-Membaca referensi
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di tunjukan sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan menciptakan lulusan yang siap bekerja, terampil, dan juga dapat berwirausaha
Namun pada Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2017 di nyatakan bahwa tingkat pengangguran terbuka SMK/MAK menepati urutan ke empat dengan jumlah alumni yang sementara tidak bekrja sebesar 39.464 orang atau 0.127% dari total populasi
kejadian tersebut terjadi karena kurangnya aspek employability skill pada siswa yang merupakan syarat utama untuk bekerja
Emplyability skill merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang mendapatkan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan prilaku .Dalam bahassa Indonesia employability skill bisa di sebut sebagai kecakapan bekerja
Keterampilan employability secara khusus berkaitan dengan kemampuan bekerja seseorang dengan berbagai situasi yang meliputi keterampilan atau kecakapan sebagai berikut:
1. Komunikasi
2. Kerjasama Tim
3. Memecahkan Masalah
4. Prakarsa dan Berusaha
5. Merencanakan dan Mengatur Kegiatan
6. Mengelola Diri
7. Belajar
8. Menggunakan Teknologi
9. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Penjelasanya:
1. Komunikasi
Definisi dari komunikasi adalah menerima dan menyampaikan informasi yang benar baik secara lisan maupun tulisan secara efektif untuk menghindari kesalahpahaman.
Ada beberapa tata cara berkomunikasi yang efektif yaitu:
a. Melihat lawan bicara
b. Suaranya terdengar jelas
c. Ekspresi wajah yang menyenangkan
d. Tata bahasa yang baik
e. Pembicaraan mudah dimengerti, singkat dan jelas
2. Keterampilan Bekerja dalam Kelompok
Definisi dari bekerja dalam kelompok adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pencapaian tujuan tim
Atribut-atribut bekerja dalam kelompok yang diidentifikasi meliputi:
a. menunjukkan tanggung jawab terhadap tugas tim
b. Menghargai kemampuan, pendapat atau kontribusi orang lain
c. Membagi pengetahuan, pendapat dan gagasan dalam proses
pengambilan keputusan tim
d. Menyelaraskan tujuan individu dengan tujuan tim
e. Mendorong anggota tim untuk berpartisipasi aktif dalam tim
f. Mendukung keputusan yang disepakati bersama
3. Keterampilan Memecahkan Masalah
Definisi dari memecahkan masalah yaitu kemampuan mengambil keputusan dengan cara mengevaluasi informasi dan berbagai pilihan, analisis resiko guna memilih alternatif baik yang dibutuhkan pada situasi tertentu
dalam menyelesaikan masalah di perlukan strategi yaitu:
1. menganalisis masalah
2. merubah bentuk masalah ke dalam bentuk masalah standar
3. melakukan langkah-langkah penyelesaian dari masalah standar
4. memeriksa jawaban dan menafsirkan hasil penyelesaian
4. Keterampilan Merencanakan dan Mengatur Kegiatan
Definisi dari merencanakan dan mengatur kegiatan adalah kemampuan dalam memberikan kontribusi pada rencana strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang
Atribut-atribut merencanakan dan mengatur kegiatan yang diidentifikasi meliputi:
a. Mengelola waktu dan prioritas kegiatan
b. Mengambil inisiatif dan membuat keputusan
c. Berpartisipasi dalam proses perencanaan dan peningkatan secera berkelanjutan
d. Membuat tujuan proyek menjadi jelas dan dapat dilaksanakan
e. Menyesuaikan sumber daya untuk menanggulangi berbagai kemungkinan
5. Keterampilan Mengelola Diri
Definisi dari keterampilan mengelola diri yaitu mempunyai kepercayaan diri dan komitmen untuk mengalokasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk hal-hal yang sangat prioritas
6. Keterampilan dalam Pembelajaran
Definisi dari keterampilan dalam pembelajaran yaitu mendapatkan pengetahuan dan keahlian baru dengan cepat dan mudah
7.Keterampilan Menggunakan Teknologi
Definisi dari menggunakan teknologi adalah menggunakan teknologi informasi dalam menyelesaikan pekerjaan
8. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan
TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELSESAIAN
-
KEESIMPULAN
Banyak dari lulusan SMK yang tidak mendapatkan pekerjaan karena kurangnya employability skill yang di miliki dan salah satu yang menyebabkan kurangnya employability skill karena tidak ada pembelajaran yang khusus membahas soft skill di SMK
REFERENSI
-Employability skill Lulusan SMK.pdf
0 Komentar