DIGIPRENEUR || BLC TELKOM KLATEN

 DIGIPRENEUR

A.PENDAHULUAN

assalamualaikum wr wb kali ini saya akan membahas mengenai digipreneur/wirausaha digital mau tau menegenai seputar digipreneur baca sampai akhir y😀

a.pengertian
Wirausaha digital adalah sub kategori dari kewirausahaan dimana organisasi tradisional yang bergerak secara fisik di digatalisasikan, sehingga wirausaha tradisional berubah dalam bentuk usaha baru di era digital
 
b.latar belakang
sekarang sudah memasuki era digital dan segala hal memungkinkan dapat dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet dengan perangkat gadget / smartphone jadi kita harus mengikuti perkembangan itu salah satunya wirausaha digital
 
B.MAKSUD DAN TUJUAN

mebahas mengenai digipreneur dan cara cara berwirausaha digital

C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP

digipreneur(

D.TARGET YANG DI HARAPKAN

-paham mengenai digipreneur

E.METODE PELAKSANAAN 
 
-literasi
-diskusi

F.ALAT DAN BAHAN

-laptop
-charger
-referensi

G.TARGET WAKTU 
 
-4 jam(08.00-12.00)
 
H.TAHAPAN PELAKSANAAN

-membaca referensi
-diskusi
 

 
Wirausaha digital adalah sub kategori dari kewirausahaan dimana organisasi tradisional yang bergerak secara fisik di digatalisasikan, sehingga wirausaha tradisional berubah dalam bentuk usaha baru di era digital

Saat ini kita sudah memasuki di era revolusi industry 4.0 di mana Pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam usaha memasarkan suatu produk atau jasa, memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memasarkan barang atau jasa akan memberikan kemudahaan dalam setiap aktivitas yang dijalankan

ada beberapa sifat karakterisitik entrepreneur sukses yaitu

1. Kreatifitas

adalah akar yang mendorong perkembangan produk atau jasa baru atau cara melakukan bisnis. jika kita tidak memiliki kreatifitas maka usaha kita tidak akan memiliki inovasi yang menarik dan sulit mendapatkan konsumen

2. Dedikasi

adalah yang memotivasi entrepreneur untuk bekerja keras, jia seorang pengusaha tidak memiliki dedikasi usahanya pasti tidak akan berjalan dan akan berhenti di tengah jalan.

3. Determinasi

Determinasi adalah keinginan yang sangat kuat untuk mencapai kesuksesan. Didalamnya meliputi kegigihan dan kemampuan untuk bangkit kembali dari waktu-waktu sulit. hampir sama dengan dedikasi kedua hal ini harus dimiliki oleh pengusaha digital.

4.Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah kemampuan untuk bergerak cepat dalam merespon perubahan kebutuhan pasar. Misal, disaat ada seorang entrepreneur yang baru saja membuka usahapastry. Tapi pada saat itu yang sedang tren adalah kue brownies. Dari pada terjadinya kehilangan pelanggan, entrepreneur tersebut memodifikasi tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

jadi kita harus fleksibel alias dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar dan menyesuaikannya dengan wirausaha kita.

5. Kepemimpinan

seorang pengusaha digital juga harus memiliki sifat kepemimpina , hal ini sangat bermanafaat jika ia memiliki bawahan atau rekan

6. Gairah

Gairah adalah yang membuat entrepreneur memulai dan terus melakukan keinginannya. Gairah memberikan entrepreneur kemampuan untuk meyakinkan oranglain untuk percaya pada visi nya.

7. Kepercayaan diri

seorang pengusaha digital tentunya harus memiliki kepercayaan diri . hal ini digunakan saat promosi kepada orang-orang atau promosi secara digital dan juga untuk menghadapi kritikan yang pasti ada darimanapun kritikan tersebut berasal

8. Cerdas

sorang pengusaha digital juag harus cerdas untuk menghindari penipuan atau semacamnya. jika kita tidak berwirausah dengan cerdas usaha kita pasti akan mendapat banyak rugi dari penipuan maupun hal-hal lainnya.



cara untuk  memulai kewirausahaan digital

1. menemukan usaha digital

hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ide. seperti akan berjualan apa, bagaimana, kapan , siapa target konsumennya dan lain-lain. 

Penting sekali menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, dan akhirnya mencapaian hasil terbaik

2. melakukan riset pasar

Salah satu persiapan yang sangat pentingbagi Digital Entrepreneurs sebelum menjalankan bisnisi alah melakukan riset pasar atau riset pemasaran. Riset pasar adalah kegiatan yang dilakukan pebisnis untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai informasi atau data yang berguna terkait masyarakat yang akan menjadi target bisnis digital Entrepreneurs perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui hal penting sebelum memulai bisnis.

Strategi melakukan riset pasar yaitu memiliki percakapan singkat dengan kontak yang merupakan bagian dari target pasar Digital entrepreneur. Memanfaatkan website atau media sosial. Media sosial yang relevan dengan target pasar, seperti facebook, Whatsapps, Instagram, atau media lainnya. media social dapat memberikan dan membantu menyediakan informasi secara gratis, target pelanggan online, group dan promosi.

3. menyusun perencanaan usaha digital

Secara singkat, perencanaan usaha merupakan suatu perencanan untuk sebuah usaha yang mendeskripsikan secara rinci terkait detail bisnis sebelum bisnis baru dipasarkan. 

Perencanaan usaha digital memiliki banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk membuat perencaan usaha yang baik, antara lain:

a. Menjelaskan situasi pasar dan ukuran pasar

b. Estimasi size pasar yang ditargetkan.

c. Memuat efek dari bisnis bagi pelanggan dan masyarakat

d. Menggambarkan spesifikasi produk dan layanan

e. Keunggulana sumberdaya manusia dalam manajemen

dan operasional.

f. Estimasi situasi pertumbuhan perekonomian.

g. Ulasan deskripsi bisnis,

h. Strategi pemasaran

i. Analisa pesaing

j. Mengulas secara singkat rencana desain

pengembangan

k. Mengulas rencana operasional dan manajemen 

l. Pembiayaan

4. mengidentifikasi resiko

Resiko usaha adalah suatu bahaya, atau akibat yang kemungkinan dapat terjadi pada keadaan sebuah usaha yang sedang berlangsung maupun situasi usaha yang akan datang. Sifat dari resiko usaha itu sendiri adalah tidak pasti dan sebagian besar menimbulkan kerugian.

Resiko dapat bersifat pasti maupun tidak pasti, tergantung dari usaha yang dijalankan dan bagaimana cara menjalankan usaha tersebut.Ada beberapa resiko usaha yang harus dihadapi oleh digital entrepreneurship, antara lain:

1. ketidak pastian ekonomi (economoc uncertainly caused)

2. Ketidak pastian yang disebabkan oleh alam (nature uncertainly caused)

3. Ketidak pastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainly caused).


5. membangun tim usaha digital

Digital entrepreneurship perlu memahami baagaimana membangun tim yang solid untuk bersaing dalam usaha digital. Kerjasama merupakan proses untuk menyelesaikan pekerjaan berdasarkan tujuan yang telah ditentukan

Dalam usaha digital, pelaku usaha harus tau dengan siapa berkerjsama atau siapa mitranya. Siapa mitra kerjasama adalah hal yang sangat penting untuk memulai digital entrepreneur.

Misalanya layanan jasa desain krafisakan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan advertising atau web developer memiliki keterkaitan yang tinggi dengan desain grafis.dan jasa online marketing.

Digital entreneurship harus memiliki system kerja sama dalam tim menjadi salah satu karakteristik dari perusahaan yang memiliki kinerja tinggi. Tim dapat lebih cepat dan lebih banyak memecahkan suatu masalah yang dihadapi. KerjaTim lebih fleksibel dan lebih tanggap dalam menghadapi suatu tantangan persaingan dan perubahan teknologi yang sangat cepat. Agar suatu tim menjadi efektif, seorang ahli organisasi memberikan suatu konsep tentang komposisi membangun tim kerja yang efektif. Membangun tim kerja diharapkan terdiridari orang-orang yang ditempatkan pada posisi yang benar-bebar sesuai dengan kompetensinya. Tim efektif di beberapa usaha digital memiliki kegunaan yang besar. Tim hanya dapat bekerja efektif kadi kelola dengan baik oleh pihak manajemen dengan melibatkan para anggota tim yang bersangkutan

I.TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN
 
ada beberapa kata yang tidak di mengerti artinya peneyelesainya bertanya 
 
J.KESIMPULAN
 
pada saat ini digipreneur merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan karena perkembangan teknologi yang semakin maju dan semakin banyaknya pengguna teknologi
 
K.REFERENSI

-DIGIPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL.pdf


sekian yang dapat saya sampaikan mengenai digipreneur/wirausaha digital
wassalamualaikum👋👋

 

0 Komentar