KERJA PROFISIONAL || BLC TELKOM KLATEN

 KERJA PROFISIONAL


PENDAHULUAN

a. Pengertian

Kerja profisional adalah kemampuan menempatkan diri sebagai seorang yang mengerti dan paham akan tugas dan tanggung jawab pekerjaan. di seseorang sudah bisa di katakan profisional apabila ia sudah bisa menempatkan diri sesuai dengan pekerjaan dan keadaan kerjanya.

b. Latar Belakang

Ketika seseorang sudah bekerja ia harus bisa profisional dalam mengerjakan pekerjaanya dan bisa menempatkan diri sesuai dengan pekerjaan yang sedang di lakukan dan tidak keluar dari ruang lingkup pekerjaanya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Membahas mengenai kerja profisional dan bagimana cara agar bisa kerja secara profisional dan tujuanya agar bisa di implementasikan dalam bekerja

BATASAN DAN RUANG LINGKUP

-Pengertian profisional
-Ciri-ciri profisional
-Tips menjadi profisional

TARGET YANG DI HARAPKAN

Mengerti apa itu kerja profisional dan bisa menerapkan saat bekerja

METODE PELAKSANAAN

-Literasi

ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-Kerja profisional.pdf

TARGET WAKTU

08.00-16.00

TAHAPAN PELAKSANAAN

-Membaca ebook Kerja profisional.pdf

PEMBAHASAN:

    Kerja profisional adalah kemampuan menempatkan diri sebagai seorang yang mengerti dan paham akan tugas dan tanggung jawabnya dalam pekerjaan.

Seseorang sudah bisa di katakan profisional apabila ia sudah bisa menempatkan diri sesuai dengan pekerjaannya dan juga bisa bertanggung jawab dengan tugas dalam pekerjaanya, contohnya ada seseorang yang bekerja menjadi dokter maka ia harus bisa menempatkan diri sebagai dokter seperti bertingkah seperti haknya dokter, tidak bercanda saat memeriksa pasien tidak keluar lingkup sebagai dokter dll.

-Seseorang sudah bisa di katakan profisional apabila sudah memenuhi ciri-ciri sebagai seseorang yang profisional yaitu:

1. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
2. Tidak melempar pekerjaan kepada orang lain
3. Memiliki motivasi yang tinggi
4. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi
5.
Bersedia menerima kritik
6.
Melakukan yang terbaik pada hari terburuk mereka
7.
KREATIF INISIATIF - Tidak menunggu datangnya ide, melainkan menciptakannya
8.
Bersedia memberikan bantuan

Apabila seseorang sudah memenuhi ciri-ciri tersebut maka ia sudah bisa di katakan seseorang yang profisional

-Ada beberapa tips menjadi seorang yang profisional yaitu:

1. Menguasai konsep dasar (Banyak membaca)
2. Memiliki referensi yang kuat (membuat
perbandingan)
3. Memiliki rencana dan program kerja yang jelas (RENSTRA & RENJA)
4. Memiliki tanggung jawab yang tinggi
5. Memiliki skill, pengalaman dan menguasai bidangnya (kompetensi)
6. Selalu berpegang pada SOP, K3 dan Ketentuan yang ada

Orang yang profisional ialah ia yang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan sesuai dengan perencanaan dan bisa mencapai target3, seseorang bisa menyelesaikan pekerjaanya dengan tepat dan mencapai target bisa menggunakan SMART GOALS

1. Specific (Spesifik / Khusus)
2. Measureable (Dapat diukur)
3. Attainable (Yang dapat dicapai )
4. Realistic (Realistis)
5. Timebound (Batas Waktu 

TEMUAN MASALAH DAN CARA PENYELESAIAN

-

KESIMPULAN

Saat bekerja kita harus bisa profisional dengan bisa menempatkan diri kita sesuai dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan dan bisa memenegement emosi sesuai dengan situasi dan kondisi pekerjaan yang sedang kita lakukan

REFERENSI

Ebook kerja profisional.pdf


0 Komentar